Pages

Monday, September 15, 2014

Sebuah Awalan

Apa itu PBAC ?

PBAC adalah singkatan dari Pengembangan Bahan Ajar Cetak. Bagi saya arti dari PBAC itu sendiri adalah sebuah mata kuliah yang mendalami ilmu mengenai pengumpulan berbagai informasi, lalu disusun menjadi satu secara sistematis dan terstruktur yang dimuat dalam sekumpulan kertas yang di jilid menjadi satu sehingga dapat berfungsi untuk keperluan belajar dan pembelajaran.


Apa harapan setelah mengikuti PBAC ?

Karena bahan ajar cetak itu adalah bahan ajar yang paling umum yang ada di dunia pendidikan, saya berharap agar saya dapat memahami lebih dalam lagi mengenai apa saja yang harus, dan tidak harus dilakukan dalam membuat bahan ajar cetak. Selain itu juga agar saya bisa berlatih sedikit demi sedikit untuk membuat bahan ajar cetak, karena seperti kata pepatah “Practice makes Perfect”


Apa istilah-istilah yang ada di PBAC ?

Kurikulum, analisis kebutuhan peserta didik, belajaar, pembelajaran, pembelajaran, pengembangan, penelitian, peserta didik, modul, bahan ajar, naskah, judul, materi , ejaan, cara penulisan, keterbacaaan,  desain, rangkuman, menilai,  evaluasi, kisi-kisi, hand out, buku, skripsi, poster, komik, e-book, industri buku.
 

Sebuah uraian kata

Dalam menjalankan suatu system kependidikan, sudah selayaknya ada sebuah “kitab” yang berisi aturan yang jelas mengenai system kependidikan yang dapat digunakan sebagailandasan dalammenajalankan system tersebut. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan “kitab” tersebut adalah kurikulum. Kurikulum merupakan sebuah perangkat yang digunakan oleh setiap unsur dalam dunia pendidikan yang berfungsi sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kebiatan belajar, yang telah dirancang sedemikian mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhan.



No comments:

Post a Comment